Realitas Quantum

 

Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti misykat yg di dlmnya ada pelita besar. Pelita itu di dlm kaca (&) kaca itu seakan-akan bintang (yg bercahaya) seperti mutiara, yg dinyalakan dgn minyak dari pohon yg banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yg tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) & tidak pula di sebelah barat (nya), yg minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis)[QS. An-Nur: 35]

Jabir bin Abdullah pernah bertanya kepada Nabi (saaw): “Apakah yg pertama kali diciptakan Allah sebelum segala sesuatu?” Maka Nabi (saaw) menjawab: “Hal yg pertamakali Allah ciptakan adalah cahaya Nabimu (saaw)“

(lebih…)

Published in: on Februari 1, 2009 at 10:29 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

Benarkah Kita Bangsa yang Bodoh ?

Oleh: Ismail Amin

Catatan lepas dari Training Strategi Pembelajaran dengan Mutiple Intelligency Himpunan Pelajar Indonesia Iran

Di Asia Tenggara indeks pembangunan manusia Indonesia menempati posisi ke-7 di bawah Vietnam. Negara kitapun masuk Guines Book of Record karena menjadi negara perusak hutan tercepat di dunia. Walaupun telah gundul, masih saja terjadi penebangan liar yang merugikan negara sekitar USD 2 Miliar. (lebih…)

Published in: on Januari 27, 2009 at 6:11 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

(Kesalahan kesalahan?) Gramatikal Al-Qur’an

Saya pernah membaca dalam situs indonesia.faithfreedom.org, sebuah situs yang sekarang dilarang di negri ini karena terlalu dan bahkan tercipta untuk memojokka dan menghina agama islam. Salah satu tulisan disitus itu adalah mereka menyatakan bahwa telah terjadi kesalahan-kesalahan gramatikal dalam Al-Quran, dan itu menyebabkan Al-Quran bukan kitab yang suci dan layak untuk di agungkan karena banyak kesalahan di dalamnya. Mereka menampilkan contoh-contoh dalam Alquran yang menunjukan kesalahan kesalahan itu. karena keawaman dan cukup mengganggu pikiran dan keimanan saya, saya berusaha mencari jawaban tentang masalah ini kepada orang yang mempunyai kemampuan mumpuni tentang masalah ini. tentu dalam benak saya waktu itu yang ada hanya Ustad Musa Kazhim, dan berikut adalah jawaban dari Ustad Musa: (lebih…)

Published in: on Januari 27, 2009 at 5:44 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

PALESTINA DALAM RENTANGAN SEJARAH

Benarkah tanah Palestina adalah hak orang Yahudi? Ayo deh kita lihat gimana sejarahnya. Nabi Sulaiman as, pernah mendirikan sebuah bangunann yang akhirnya dikenal dengan nama Haykal Sulaiman (solomon temple) yang berada di bukit Moria yang tidak lain adalah Masjidil Aqsa dalam bentuk aslinya. (lebih…)

Published in: on Januari 22, 2009 at 6:13 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

perempuan berkalung sorban

3 hari yang lalu saya melihat trailer film perempuan berkalung sorban yang diangkat dari novel karangan  Abidah el Khalieqy ini di bioskop, yang akhirnya menarik perhatian saya untuk membaca novelnya. Bersetting di lingkungan pesantren putri dan mengangkat tema feminisme, terutama hak-hak perempuan dalam berumah tangga. Ceritanya sih datar-datar saja dan ulasan tentang hak-hak perempuan juga tidak begitu mendalam. Justru yang mendalam sekali  ketika penulis mengisahkan cumbu rayu malam pertama sepasang pengantin. Detail sekali. tak ada kata untuk memajaskan kelamin wanita misalnya. Cara-cara islam berinteraksi dengan lawan jenis yang pastinya telah terdoktrin di alam pesantren tak nampak,  seperti annisa sang tokoh utama dalam cerita ini sering berpegangan tangan, berpelukan dengan lek khuduri dalam suasana saling cinta sepasang kekasih.  apakah ini bentuk kebebasan perempuan yang diperjuangkan kaum feminis? terserah anda menilainya. 

 Hak-hak wanita dalam islam sangat di junjung tinggi. hadis-hadis yang beredar  sangat ‘maskulin’ di dalam kitab-kitab klasik memang masih dipegang teguh oleh ulama2 yang pastinya klasik juga. seperti hadis yang menyatakan bila suami ingin bersetubuh dan istri menolak maka si istri akan di laknat Allah,  sepengetahuan saya hadis itu tak lengkap. hadis itu tak berlaku sepihak saja, lengkapnya bila si suami menolak bila si istri ingin bersetubuh, maka si suami akan di laknat juga. Jadi sama rata. Intinya sebenarnya adalah komunikasi dan saling pengertian. Dan setahu saya hadis ini shahih dimana pada novel itu terkesan di dhaifkan. Perempuan juga menurut saya sepertinya lebih pantas bertugas mengurus rumah tangga dan mendidik anak secara lebih dominan daripada pria. Hal ini tidak lantas membuat perempuan tak perlu sekolah tinggi. Tidak. justru perempuan harus sekolah hingga s2 bila perlu karena seorang perempuan yang pandai akan mampu mendidik anak-anaknya menjadi pandai juga. jadi sudah saatnya para wanita menganggap mendidik anak adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan skill dan keilmuan yang tinggi yang tak kalah bergengsi dengan kerja disebuah perusahaan besar dimana gajinya adalah suatu kebanggaan melihat anak-anaknya berkembang menjadi seorang manusia yang berguna bagi semua. Tak ada gaji yang lebih besar dari itu.

Published in: on Januari 12, 2009 at 9:09 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

Entahlah, aku bingung

Berjalan perlahan menyusuri sepanjang lorong jembatan yang panjangnya mengikuti hati yang tak karuan. Pandangan lurus kedepan, sekali kali melirik segala macam ‘maha karya seni lukis’ di dinding jembatan yang telah seabad umurnya. Entah apa maksud semua gambar, sebuah proteskah, segores tanda kuasa dari preman jembatankah, atau mungkin sekarya pemuda frustasi yang terseret prahara cinta. Asap, suara desing kendaraan masih sama, masih membuat mendidih seratus dua puluh derajat darah orang orang kaya yang takut bangkrut, orang-orang pintar yang sok teori. Sedangkan aku, sorry aja yaa, pikiranku kosong, berjalanpun aku tak bisa secara jelas menerangkan, atau mempresentasikan tujuan dari langkahan kakiku. Kalau ditanya mau kemana, jawabnya dua kata “belum jelas”. Akupun bukan orang kaya yang sibuk mengkalkulasi jumlah ringgit sekalian jumlah orang orang yang telah ditindas. Jadi mustahil aku stress terganggu suara desing dan asap, bukan kelasnya buat stress dan sobat-sobat karibnya mendekati orang gila seperti aku. Roda nasib telah berputar. Aku telah kebagian sayap, lalu terbang melayang mengikuti arah angin, menjangkau tingginya langit, lalu menukik tajam menghantam grafitasi, aku telah kebagian sirip, lalu berenang menyusuri samudera, menghitung dalamnya laut, mencatat semua jenis penduduk laut yang tentram. Tak ada yang peduli. Gila!

Aku masih berjalan. Dinginya angin malam menusuk. Kurogoh saku, membeli setengah bungkus gudang garam terbungkus malboro. Terlintas tulisan disamping bungkus “merokok dapat menyebabkan kangker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.” Ironis, munafik makiku sambil terus menghisap dalam-dalam asap kesepian, lalu menghebuskan membentuk bulatan kebahagiaan.

Apakah aku orang bahagia? Tentu saja mas! Ukurannya apa? Tak tahu! Oooo atau mungkin karena aku tak pernah lapar. Absurd! Lapar ada karena orang kenal dengan kenyang. Sedangkan aku tak pernah mengenal kenyang, jadi tak mungkin laparlah. Simpelkan. Aku juga tak kaya, apalagi miskin. Aku tak mau mengenal predikat predikat itu. Predikat yang membuat pusing

Kusulut rokok kedua dengan rokok pertamaku sebelum ku membuangnya. kaki masih tetap melangkah tenang. Cukup lama ternyata ku melangkah tanpa teman disamping. Hanya 6 buah batang rokok yang sanggup mengerti.

Kebahagian adalah sebuah posisi yang mampu mengkondisikan segala sesuatu yang mengisi dinamika dalam predikat kehidupan ini. Namun apakah posisi kebahagiaan berada pada ketakpemilihan salah satu predikat,maksudnya berada pada tengah-tengah.

Tidak selalu begitu. Yang meletakkan predikat-predikat itu adalah orang, bukan kita sendiri. Orang kaya yang bahagia adalah orang yang tak pernah bisa diperbudak oleh kekayaannya. Punya mobil selusin hilang sebelas masih bisa tersenyum sambil berkata “Untung tak hilang semua, lumayan.” Begitu juga dengan orang miskin, orang yang tak pernah terlintas sedikitpun rasa miskin di susunan saraf-saraf di kepala dan gumpalan hatinya. Saraf-saraf di kepalanya hanya bisa memerintah mulut mengucapkan kata syukur terhadap semua yang terjadi pada diri. Jadi kebahagiaan bisa hinggap pada salah satu predikat di lekatkan orang-orang pada kita yang pada hakikat tak pernah disadari oleh orang yang berpredikat itu sendiri.

Lalu apakah ada alat atau cara untuk bahagia.

Ada! Cinta, ya cinta diri tepatnya. Aku masih trus berceramah, angin, bulan, bintang, pekat malam menjadi pendengar setiaku, tanpa pernah protes dan mengkritik. Mereka sangat mengerti aku, makanya tak ada kritik dan protes. Kenapa? Ya karena aku tak senang dikritik, walaupun konstruktif sekalipun. Aku muak dengan kritikus seperti mahasiswa konyol yang memprotes dan mengkritik kebijakan pemerintah mengurangi subsidi BBM dan mahalnya biaya pendidikan. Pemerintah kan inginnya mengurangi subsidi BBM demi peningkatan pendidikan dan kesehatan. Mahasiswa itu mempertahankan yang satu, menghancurkan yang banyak. Goblok mereka!! Aku tahu kemampuanku sampai mana, aku lebih tahu mana yang harus di kritik atau tidak. So tak perlu repot-repot mengkritik apa yang telah ku kritik dahulu pada diriku sendiri.

Cinta diri sejati itu harus diletakkan pada dimensi ruh kita agar tak ada kontradiksi dan friksi, jadi harus utuh dan abadi. Maksudnya begini, dimensi paling dalam diri kita adalah ruh. Sudah ku bilang dalam ruh tak ada friksi atau antagonistic, tak ada laki perempuan tak ada senang susah etc. lebih luar dari ruh ada jiwa, disini baru ada laki-perempuan, senang-susah, sedih-bahagia. Nah pada dimensi yang paling luar baru di deskripsikan dimensi pada jiwa, yaitu dimensi badaniah atau jasmani.

Jadi apabila kita mampu mengolah ruh kita denagn bahagia dan cinta, bahagialah kita karena tak mungkin ada kata tak bahagia atau sedih. Kalau pun ada itu hanya mengiris sedikit “bahagia”. Seperti kata gibran, benci adalah cinta yang tersakiti. Missal, begitu tak senangnya orang tua kita dengan kelakuan kita, our parents pasti tetap mencintai kita. Kita telah menyakiti cintanya. ‘Menyakiti cintanya’(bayangkan cinta adalah suatu mahluk utuh). Jadi cinta pada ruh tak akan bisa di gugurkan oleh kondisi apapun. FAHAM!!!!!!!!!!! Sepi tak ada suara. AHHHH  

Aku berbalik arah, aku ingin pulang ke peraduan. Rokokku telah kuhisap semua. Kini sempurnalah kesendirianku. Kutatap bulan di atas sana, bulan yang hanya meminjam sepercik sinar dari sang matahari, namun kenapa banyak orang yang memuji bulan. Aku ingin bercanda dengan mimpi- mimpi. Bukankah kehidupan ini sudah mimpi yang kan kita tahu setelah bangun. Ahhh itu kan teori dari orang yang tak bahgia. Aku ini orang bahagia. Hidup adalah hidup, mimpi adalah mimpi. Kutelusuri jalan lurus yang sama. Aku pilih jalan yang lurus karena aku suka dengan yang lurus-lurus. Andaikata jalan di dunia ini lurus-lurus semua, ohh alangkah senangnya aku.

Published in: on Desember 24, 2008 at 6:49 pm  Comments (2)  

insting

seringkali kita mengabaikan insting. setidaknya aku sering mengalaminya. dan aku mengalaminya lagi kemarin. sore itu langit mendung. aku berniat untuk pergi ke tempat teman. ntah kenapa ada rasa yang aneh yang aku rasakan di dalam hati untuk membatalkan niatku untuk pergi ketempat teman itu. ada rasanya untuk mengikuti instingku yang mengatakan untuk jangan pergi. pukul setengah empat sore kos-kosan ku sepi tak seperti biasanya. motor yang ingin ku pinjam untuk tentunya juga tak ada di garasi. akhirnya kuputuskan untuk menelpon salah seprang sepupuku untuk meminjam motornya. dia menyanggupi untuk mengantarkan motornya ke kos-kosan ku.

jam menunjukan pukul 5. sepupuku belum juga datang untuk mengantarkan motornya. ada niat untuk membatalkan perjalananku, tapi aku sudah berisyaallah untuk datang ke rumah temenku itu. akhirnya setengah jam kemudian sepupuku itu datang. aku bersiap-siap dan langsung meluncur mengantarkan sepupuku terlebih dahulu ke kos-kosannya. setelahnya mengantarnya berangakat ke rumah temenku itu dengan hati masih tak enak. baru beberapa ratus meter aku tancap gas motor thunder aku teringat lupa meminta stnk motor itu. aku puter balik dan meminta stnk.

nah disinilah inti kejadiannya. setelah empat lampu merah aku lalui, aku tersadar bahwa dompet dan segala isinya, stnk, KTM, KTP, ATM, dan sejumlah uang sudah tak berada di kantongku. aku kaget, dan memutar kembali, menyusuri jalan yang aku lalui dan berharap untuk menemukan dompetku. hasilnya nihil. tak ada yang aku harapkan lagi, kecuali ada orang yang berhati mulia yang akan mengembalikan dompetku..

kepada hambanya Tuhan berfirman : “Untuk hambaKu yang beriman, setiap kali Aku menghilangkan sesuatu daripadanya, Aku menjadikan kebaikan baginya. Maka terimalah ketentuanKu, bersabarlah atas ujianKu dan bersyukurlah atas nikmatKu. Wahai Muhammad aku akn menuliskan hambaku yang seperti itu dalam kelompok orang yang tulus imannya”. (Kata Tuhan)

beginilah wikipedia mengartikan insting atau naluri :

Naluri atau insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik). Dalam psikoanalisis, naluri dianggap sebagai tenaga psikis bawah sadar yang dibagi atas naluri kehidupan (eros) dan naluri kematian (thanos).

Published in: on November 1, 2008 at 7:42 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

Film Fitna

2 hari yang lalu saya berhasil menonton film FITNA yang menjadi sorotan saat ini. film yang di buat oleh Gerrt Wilders lebih tepatnya disebut Film dokumenter selama 15 menit. saya menonton film itu sambil sekali-sekali menoleh ke acara TOPIK di SCTV yang saat itu membahas tentang Film itu, menghadirkan Azumardi Azra dan Frans Magnis Suseno. menurut pendapat ke dua tokoh tersebut, seharusnya umat islam tidak terprovokasi untuk berbuat anarkis karena film itu, karena yang dimau oleh wilberg adalah terprovokasinya umat islam.

setelah menonton film itu, saya masuk kedalam kamar, membuka terjemahan alquran dan mengecek ayat-ayat alquran yang ditampilkan dalam film itu. saya membacanya beberapa saat, namun tiba-tiba saya tersenyum, karena film itu saya yang sudah lumayan lama tidak membuka alquran akhirnya membuka lagi..minimal untuk saat ini saya masih hanya membaca terjemahanya, namun dalam hati berniat ingin sekali membaca juga tafsiran ayat ini. Keren khan 🙂

pastinya karena film itu, banyak juga orang-orang yang seperti saya. kembali menyentuh alquran yang suci, putih, bersih dan mencerahkan, yang sebelumnya kalah pamor dengan novel sydney sheldon, ayat-ayat cinta, atau Laskar Pelangi (kalo yang ini saya belum baca, karena di penyewaan buku keluar terus, heheh, belum mapu beli sich, baru mampu nyewa, RP 3000 untuk 3 hari).

karena itu dalam kesempatan ini saya ingin bersurat  dengan Gerrt Wilders.  

kepada yang terhormat Sahabatku Gerrt Wilders di kamar.  

hi bro, apa kabar? tentunya saat ini nt pasti lagi bingung, nt tak menyangka bahwa nt sama sekali tidak mendapat dukungan dunia internasional, kecuali undang-undang di negara nt sangat menjunjung tinggi kebebasan berpendapat, sehingga nt masih bisa menghirup udara yang sudah semakin berpolusi ini. geert, tau g karena film nt itu ana yang sudah lama tidak membuka Alquran, kini kembali membuka alquran. ya… mengecek kembali ayat ayat yang nt tampilkan dalam film itu. sepertinya ini kabar g enak buat nt, bahwa ana sama sekali tidak meragukan kesucian kitab itu.

oh yaa geert ada beberapa hal yang ana mau sampaikan kepada nt, bahwa ayat-ayat yang nt nukil yang menurut nt adalah ayat-ayat yang melegalkan kekerasan, sama sekali bukan begitu maksudnya. dalam menafsirkan ayat-ayat tersebut banyak hal yang harus nt lakukan terlebih dahulu. salah satunya adalah nt harus melihat konteks turunnya ayat itu. didalam islam hal itu disebut dengan asbabun nuzul. sudahkah nt lakukan itu…? ana yakin nt belum lakukan itu, karena di dalam hati nt pasti sudah di penuhi kebncian yang tiada tara terhadap agamuku ini (upss, sorry geert). padahal jikalau nt mau sedikit aja menghapus hitamnya hati, dan mempelajari sedikit saja alquran, sungguh sangat indah sekali.

sahabatku, ana memang bukan seorang yang pandai, tapi karena film nt ini, ana sadar bahwa ana lebih pandai dari nt. dan umat islam yang telah mengalahkan jumlah umat kristen, juga tidak sebodoh nt. karena film nt, jutaan alquran diseluruh dunia kembali di buka, kembali di agungkan, kembali di resapi. karena film nt, jutaan liter air mata kembali menetes membasahi lembaran indah kitab ini. karena film nt, jutaan malaikat sibuk mencatat pahala, dan menebar berkah di dunia. dan karenanya jutaan umat kembali memeluk kitab suci ini dengan erat, dan membuatnya kembali menempati posisi terhormat, melebihi kitab dan buku lainnya.

untuk itu, tak ada kata yang patut untuk kusebut kecuali ucapan terimakasih yang tulus kepada dirimu, karena bila tak ada film mu itu mungkin kita (Kiiita….Loe Aja Kali, Gue Ngggaakk) umat muslim akan sedikit lupa untuk membaca, dan meresapi the best book that ever had ALQURAN. thank a lot bro…  

salam hormat dari sahabatmu

NB: protes ataupun demonstrasi di seluruh dunia adalah hadiah dari prestasi nt..bukankah itu yang nt inginkan? bukankah nt ingin terkenal…?saat ini hampir seluruh dunia mengenal nt, mengangkat foto nt yang telah “beasesoris” macam-macam. apalagi pose nt yang menyodok hidung dengan sebuah polpen itu adalah pose yang sangat lucu dan imut sekali.

Published in: on April 4, 2008 at 9:25 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

Mengapa Tuhan Sering Bersumpah?

saya pernah bertanya di blog isyraq.wordpress.com mengenai mengapa Tuhan sering bersumpah di dalam alquran dengan ciptaanya, seperti Tuhan bersumpah demi matahari, demi bulan, demi malam, demi waktu. padahal dalam pandangan umum manusia biasa bersumpah kepada hal yang lebih tinggi dari dirinya, seperti demi tuhan. bukankah tak ada yang lebih tinggi dari Tuhan?? untuk itu simaklah jawaban menarik dari blog isyraq di bawah ini. ——————————————————————————————  Salam…Mas Abu Bakar… Terima kasih telah berbagi komentar dan pertanyaan.. Begini Mas..sumpah merupakan sebuah penegasan untuk memberikan signifikansi lebih dan memebesarkan sebuah persoalan. Nah berkaitan dengan sumpah Tuhan juga memiliki makna yang sama. Ketika Tuhan bersumpah demi sesuatu yang disumpahinya pertanda bahwa yang disumpahinya itu memiliki keagungan dan kebesaran yang harus diperhatikan oleh manusia. Sebagai contoh dalam surah Syams (91) dimana dalam surah ini, Tuhan bersumpah sebanyak 7 kali dan merupakan surah yang paling banyak menyebutkan sumpah Tuhan.. ﴿وَ الشَّمْسِ وَ ضُحاها﴾ 1. Demi matahari dan tebaran cahayanya di pagi hari, ﴿وَ الْقَمَرِ إِذا تَلاها﴾ 2. demi bulan bila muncul setelahnya, ﴿وَ النَّهارِ إِذا جَلاَّها﴾ 3. demi siang apabila menampakkannya, ﴿وَ اللَّيْلِ إِذا يَغْشاها﴾ 4. demi malam apabila menyelimutinya, ﴿وَ السَّماءِ وَما بَناها﴾ 5. demi langit dan Dzat yang telah membangunnya, ﴿وَ الْأَرْضِ وَما طَحاها﴾ 6. demi bumi dan Dzat yang telah menghamparkannya, ﴿وَ نَفْسٍ وَما سَوَّاها﴾ 7. demi jiwa manusia dan Dzat yang telah menyempurnakannya, Nah setelah pendahuluan-pendahuluan ini, yang menjadi obyek sumpah Tuhan adalah pensucian diri yang sedemikian penting dan agungnya sehingga Tuhan mendahuluinya dengan beberapa sumpah. Subjek pembicaraan kita adalah sumpah dalam al-Qur’an dan setiap sumpah yang didahului dengan waw qasam (واو قسم) adalah menunjukkan keagungan dan signifikansi obyek yang disumpahkan. Misal yang lain tentang sumpah Tuhan atas buah Zaitun yang memang banyak faedahnya untuk kesehatan manusia. Adapun sumpah manusia dengan mengatas-namakan Tuhan, pada peringkat yang lebih rendah, karena memang rendah menggantungkan hajatnya kepada yang lebih Tinggi, menunjukkan pentingnya sumpah tersebut sehingga orang yang bersumpah merasa perlu untuk menyebut nama Tuhan untuk menegaskan dan meyakinkan lawan bicaranya. Tapi dalam hal Tuhan bersumpah tidak berarti bahwa yang disumpahinya itu adalah lebih besar dari yang bersumpah (dimana dalam hal ini adalah Tuhan). Karena seperti kata Anda, semuanya adalah ciptaan Tuhan dan mustahil yang dicipta lebih besar, lebih agung dari yang mencipta.. Thanks.. D

Published in: on April 4, 2008 at 7:29 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

(Ternyata) musisi Indonesia tidak kreatif

Nih ada daftar panjang lagu-lagu dari band-band atau penyanyi solo Indonesia yang mencontek atau meniru band-band atau penyanyi luar..g kreatif yahh….

my heart – irwansyah & acha, jiplak lagu mandarin taon 90/91, ai siang i ke pu huei cia ti ren lagu ciuman pertama nya ungu aransemen intro gitarnya rada mirip adam’s song nya blink182

Ceria by J-Rocks VS C’est La Vie by L’Arc en Ciel

Entah Bagaimana by J-Rocks VS Bell Air by Malice Mizer

Topeng Sahabat by J-Rocks VS Shinsoku (Lose Control) by L’Arc en Ciel

Serba Salah by J-Rocks VS Sobakasu by Judy and Mary

Mestinya Kuakhiri Semua by J-Rocks VS Butterfly Sleep by L’Arc en Ciel

Selamat Tinggal Kekasihku by J-Rocks VS 4th Avenue Cafe by L’Arc en Ciel

Berharap Kau Kembali by J-Rocks VS Hitomi no Juunin by L’Arc en Ciel

Lepaskan Diriku by J-Rocks VS Feeling Fine by L’Arc en Ciel

Kuingin Kau Untukku by J-Rocks VS Time Goes On by L’Arc en Ciel

TTM-nya Ratu, ada bagian yg sama dgn Prophet Song-nya Queen

ada apa denganmu (peterpan) – am i wry? no. (mew)

marshanda, yg Liriknya ya… “Kutahu ku mencintaimu sebelum bertemu denganmu” >>>i knew i loved you:savage garden

Salah satu intro lagu Netral ada yang niruin intronya Nickelback yang Far Away

salah satu lagunya Naff ada yang ngejiplak habis-habisan lagunya Peter Gabriel yang buat soundtrack Shall We Dance

bulan bisa ngomong yg bgn ” kalau bulan bs ngomong” mirip bngt ma season in the sunnya westlife di bgn ” goodbye to you my trusted friend”

lagu yg liriknya (lupa judulnya)
“kulihat ibu pertiwi sedang bersusah hati
air matanya berlinang………”
ngejiplak abis dr lagu gereja yg judulnya kl ga salah what a friend we’ve got in Jesus

keliru ruth sahanaya mirip ma someday yg di album richard clayderman love generation 90’s

nugrah Terindah yang Pernah Kumiliki-nya Sheila on 7 jiplak Father and Son

Ada Apa Dengan Cinta juga jiplak lagu Barat

sedang ingin bercinta nya dewa.. —> chord n style nya mirip bgt ama ten outta ten nya louchie lou..

bagian intro mimpinya anggun sama ma reff kenangan terindahnya samson

intronya menghapus jejakmu,peterpan ..mirip sama lagu na band kristen rohani

KerisPatih – Kita Dan Dunia intronya mirip lagunya More Than Words versi Extreme si unyil,dan mirip bngt ma lagu chocobo di final fantasyIndonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Leka Leka Pinda Pinda

Lagu Sabang sampai Merauke nyontek lagu kebangsaannya Perancis.

lagu ibu pertiwi = what a friend we have

Lagunya Kris Dayanti yang Mahadaya Cinta itu kok mirip abis sama Janet Jackson-Together Again
Mahadaya Cinta sih mirip Ain’t No Mountain High Enough

Dewi Sandra-I Love You, mirip sama soundtracknya Nana yang judulnya Lovin You

lagu Ungu yang Embun Pagi ada yang nyontek/ngejiplak lagunya Stephen Curtis Chapman

salah satu singelnya the titans ‘bila’ di bagian awalnya mirip lagunya slank ‘gara-gara kamu’ dan di bagian reff-nya spt lagunya pingkan mambo ‘kasmaran’.

Judika – Bukan Rayuan Gombal itu jiplakan dari I’ll be there for you – Bon Jovi

kopi dangdut niru lagu lovely day

lobow “salah” mirip ama sondre lerche “two way monologue”

lagu Ungu di iklan Relaxa mirip dengan reff lagu Bunga-nya Dewa 19.

Cinta Mati duet Ahmad Dhani dgn Agmon mirip bgt sama Twilight Solitude-nya Casiopea

ma Reff bahasa Kalbu dibandingkan dgn Reff First Love Nikka Costa

trus lagunya melly goeslow yang i’m falling in love mirip tuh ama lagunya song khe kyo yang i think i love you ( ost. Full House )

lagunya Melly yg tak tahan lagi kok mirip intronya t.A.T.u. yg Not Gonna Get Us

Sang Dewi nya Titi DJ – The Wold is not Enough by Garbage   – Ari Lasso (Tulus) => Bryan Adams (When You Love Someone)
– BIP (1000 Puisi) => U2 (I Still Haven’t Found What I’m Looking For)
– Boomerang (Gadis Extravaganza) => Guns N Roses (Welcome To The Jungle)
– Caffeine (Tiara) => U2 (Stay)
– Dewa (Arjuna Mencari Cinta) => U2 (I Still Haven’t Found What I’m Looking For) + The Police (Roxanne)
– Dewa (Pangeran Cinta) => Led Zeppelin (Immigrant Song)
– Dewa (Hadapi Dengan Senyum) => Queen (Let Us Cling Together)
– Ratu (Lelaki Buaya Darat) => Chantal Kreviazuk (Another Small Adventure)
– Sheila On 7 (Anugerah Terindah …) => Cat Stevens (Father & Son)
– Sheila On 7 (Karna Aku Setia) => Oasis ((What’s The Story) Morning Glory)
– Sheila On 7 (Kita) => Blur (Coffee & TV)
– Sheila On 7 (Percayakan Padaku) => The Beatles (Blackbird)
– Sheila On 7 (Saat Aku Lanjut Usia) => The Beatles (When I’m Sixty Four)
– Sheila On 7 (Seandainya) => Blur (No Distance Left To Run)
– Sheila On 7 (Temani Aku) => Oasis (She’s Electric)
– Sheila On 7 (Tunggu Aku Di Jakarta) => Oasis (Champagne Supernova)
– Syahrul Gunawan (LUPA JUDULNYA) => All 4 One (Smile Like Monalisa)
– Titi DJ (Bahasa Kalbu) => Nikka Costa (First Love)
– Titi DJ (Sang Dewi) => Garbage (The World Is Not Enough)
– Anda (Tentang Seseorang) => Coldplay (Don’t Panic)
– Bondan (Bunga) => Mel C (Never Be The Same Again)
– Caffeine (Hidupku Kan Damaikan Hatimu) => Saigon Kick (I Love U)
– Diah Iskandar (Surat Undangan) => The Jackson Five (I’ll Be There)
– Dewa (Satu Sisi) => Duran-Duran (Save A Prayer)
– Dhani & Chrisye (Jika Surga Dan Neraka) => Portishead (Glorybox)
– Element (Kupersembahkan Nirwana) => Theme 007
– Glenn Fredly (Cinta Silver) => Bachelor Number One (Dream I’m In)
– J-Rocks (Hampir Semua Lagunya) => Lagu-lagu L’Arc~en~Ciel
– Krisdayanti (Cobalah Untuk Setia) => Penny Taylor (Total Eclipse Of My Heart)
– Melly (Ada Apa Dengan Cinta => Mono (Life In Mono)
– Melly (Demikianlah) => Blink 182 (First Date)
– Melly (Dunia Milik Berdua) => Avril Lavigne (Sk8er Boi)
– Melly (Ku Bahagia) => Shades Apart (Stranger By The Day)
– Melly (Tak Tahan Lagi) => T.A.T.U (Not Gonna Get Us)
– Padi (Menanti Sebuah Jawaban) => Peables (Why Do I Believe)
– Pas Band (Biarlah & Kumerindu) => The Nixons (Sister)
– Peterpan (Ada Apa Denganmu) => U2 (Bad) & Simple Plan (Every Time)
– Peterpan (Di Atas Normal) => Muse (Jimmy Cane)
– Potret (17 tahun) => The Cardigans (Carnival)
– Potret (Bagaikan Langit) => Weezer (The Good Life)
– Potret (Diam) => Weezer (Say It Ain’t So)
– Potret (Jadi Kekasihku (?)) => Ligthning Seeds (Lucky You)
– Potret (Mak Comblang) => Supergrass (Alright)
– Saint Loco (Microphone Anthem) => RUN DMC (Me Myself And Microphone)
– Seurieus (Rocker Juga Manusia) => Queensryche (Silent Lucidity)
– Sheila On 7 (Berhenti Berharap) => Steel Heart (Mama Don’t Cry)
– Slank (Bim-Bim Jangan Nangis) => Lagunya Rolling Stone (lupa judulnya)
– T-Five (MIRc) => House Of Pain (Jump Around)

Published in: on Februari 13, 2008 at 11:56 am  Comments (3)